Seputar Microsoft Windows 8: Cara Upgrade dan Fitur Unggulan

Kurang dari 10 hari lagi Microsoft akan menyajikan sistem operasi terbaru Windows 8 secara resmi kepada publik. Seperti diketahui, OS Windows 8 yang dirilis 26 Oktober mendatang secara global ini akan menjadi babak baru lewat berbagai perubahan drastis yang disesuaikan dengan perkembangan jaman, terutama dengan merebaknya berbagai perangkat mobile seperti ponsel pintar, tablet, ultrabook dan berbagai laptop konvertibel yang kebanyakan mendukung teknologi layar sentuh. Pastinya, tidak semua orang berpikir untuk langsung mengganti PC dengan model baru yang telah diinstal awal dengan Windows 8. Akan banyak orang yang lebih memilih untuk meng-upgrade OS nya, entah dari Windows XP, Windows Vista atau Windows 7 dan mencicipi sistem operasi tercanggih dari Microsoft.

Upgrade OS Windows 8

Seperti apakah OS Microsoft Windows 8?

Secara garis besar, Windows 8 adalah sistem operasi terpadu dari Microsoft yang dapat dijalankan dengan baik di berbagai perangkat mobile, seperti smartphone dan tablet, dan juga di komputer PC dan laptop tradisional. Windows 8 dapat digunakan di berbagai tablet yang berbasis ARM maupun PC berbasis Intel x86. Sistem ini berbeda dengan langkah Apple dalam menyajikan OS nya. Apple masih membedakan OS untuk komputer Macintosh (OS X Mountain Lion) dan OS untuk iPhone, iPad serta iPod Touch (iOS6). Pada Windows 8 akan tersaji antarmuka yang berbentuk seperti ubin-ubin kotak yang dinamis dan dapat menyajikan informasi terkini seperti laporan cuaca atau tweet terbaru. Ubin-ubin tersebut dapat diklik atau disentuh untuk membuka aplikasi yang dikandung didalamnya.

Layar dengan antarmuka Windows 8 yang awalnya dikenal sebagai Metro ini dapat dinavigasi melalui gerakan jari, menggeser atau menyapu layar. Meskipun Windows 8 lebih dirancang untuk teknologi berbasis sentuhan, OS ini juga tetap dapat dijalankan dengan mouse dan keyboard, namun tentunya tidak selancar jika menggunakan sentuhan jari. Beberapa navigasi berbasis sentuhan yang menarik antara lain: gerakan jari menggeser dari kanan ke kiri akan membuka bilah “Charm”. Gerak sebaliknya (menggeser dari kiri ke kanan) akan memunculkan thumbnail dari aplikasi yang sedang dibuka. Menyeret sebuah aplikasi yang sedang dibuka ke bawah layar akan menutup aplikasi tersebut (meskipun tanpa melakukannya, aplikasi yang tidak digunakan dalam kurun waktu tertentu akan tertutup dengan sendirinya). Untuk memperkecil atau membesarkan layar, pengguna hanya perlu melakukan gerakan “mencubit” dengan jari telunjuk dan ibu jarinya.

Fitur-fitur unggulan Windows 8

  • Windows Defender
    Windows 8 dibenamkan dengan program sekuritas Antivirus. Windows Defender mampu menjaga PC dari serangan virus, malware, Trojan dan program berbahaya lainnya secara otomatis. Dengan demikian, Anda tidak perlu membeli atau menginstal software antivirus lainnya di Windows 8.
  • Menghemat Baterai dan Peningkatan kecepatan boot
    Penggunaan Windows 8 di PC akan menyajikan boot awal yang sangat cepat dibandingkan OS lainnya. Anda bahkan dapat mengelola startup melalui task manager di Windows 8. Sedangkan manajemen daya yang baik di Windows 8 akan membuat OS ini mampu menghemat konsumsi daya, sehingga baterai pada perangkat mobile tidak mudah habis.
  • Mudah diupdate
    Windows 8 dirancang untuk menerima update secara otomatis saat perangkat terkoneksi dengan internet, bisa juga melalui jaringan Wi Fi, seperti pada OS mobile lainnya. Update terbaru tersebut dapat berupa update sistem, aplikasi atau fitur baru.
  • Personalisasi tampilan layar melalui fitur “tattoos”
    Pengguna Windows 8 dapat menyesuaikan tampilan layar dengan keinginan masing masing, bahkan dapat menambahkan tato tertentu.
  • Windows 8 Store Apps
    Toko aplikasi metro Windows 8 ini bekerja seperti toko aplikasi mobile lainnya, namun disertai fungsi software sepenuhnya untuk komputer.
  • Menyajikan berbagai game mobile populer
    Jika saat ini penggemar game umumnya hanya dapat bermain dengan leluasa melalui tablet atau smartphone, melalui Windows 8 kini game tersebut dapat tersaji di berbagai perangkat, termasuk komputer PC dan laptop. Beberapa game yang sudah hadir antara lain Angry Birds, Fruit Ninja dan Cut the Rope.
  • Windows 8 Charm
    Bilah Charm memberi kemudahan akses ke berbagai hal penting yang Anda butuhkan saat bekerja dengan Windows 8, seperti pencarian, berbagi, start atau men-setting PC. Pilihan yang disajikan adalah Start, Search, Share, Devices dan Settings. Bilah ini memiliki fungsi mirip dengan baris Windows Start di OS generasi sebelumnya.
  • File Explorer
    Dulu dikenal sebagai Windows Explorer, namun kini disajikan dengan berbagai peningkatan kemampuan, seperti statistik yang lebih rinci, mampu menunda transfer file dan menangani konflik saat menyalin file. Anda juga dapat menyalin lebih dari 1 file sekaligus melalui Windows 8. Fitur ini menyusun proses menyalin di satu kotak dialog sekaligus dan memungkinkan pengguna menunda (pause), melanjutkan, menghentikan tiap proses penyalinan dan memberi tanda apabila satu file telah selesai disalin di atas yang lain.
  • Opsi pemulihan baru
    Jika terjadi error atau tiba-tiba komputer “hang”, maka ada 2 fungsi pemulihan yang ditawarkan Windows 8, Refresh atau Reset. Refresh akan memuat ulang seluruh file Windows di posisi semula seperti sebelum terjadinya masalah. Reset akan mengkondisikan komputer di posisi awal dari pabrik.

Cara Upgrade Windows 8

Meng-upgrade OS dari Windows 7, XP atau Vista ke Windows 8 tidak membutuhkan proses yang sulit. Anda dapat menginstal Windows 8 melalui CD atau dari file yang diunduh via Microsoft, dengan proses yang sama. Perlu diperhatikan, Microsoft mengijinkan konsumen untuk menyimpan OS Windows 8 yang diunduh dari situs resminya, baik dengan cara “burn” DVD atau simpan ke USB tanpa biaya tambahan.

Windows 7 ke Windows 8

Meng-upgrade sistem operasi PC dari Windows 7 ke Windows 8 tidak sulit, cukup dengan mengunjungi situs Microsoft dan memesan paket upgrade Windows 8 Pro. Selanjutnya Anda dapat mengunduh OS tersebut langsung dari Microsoft dengan biaya £24.99 (sekitar 390 ribu rupiah). Atau jika Anda ingin memperoleh paket Windows 8 Pro dalam bentuk fisik (CD), dapat membelinya dengan harga £49.98 (sekitar 775 ribu rupiah). Bagi konsumen yang baru saja membeli PC Windows 7 antara tanggal 2 Juni 2012 hingga 31 Januari 2013, Microsoft memberikan diskon khusus untuk paket upgrade ke Windows 8 hanya seharga £14.99 (sekitar 235 ribu rupiah). Microsoft menjelaskan bahwa upgrade yang dilakukan dari Windows 7 akan membawa seluruhnya, termasuk setting, file-file pribadi dan aplikasi ke Windows 8.

Windows Vista atau XP ke Windows 8

Pada dasarnya, langkah penginstalan sama seperti yang dilakukan pengguna Windows 7. Namun pada Windows Vista, proses upgrade hanya membawa setting dan file-file pribadi ke Windows 8. Sedangkan Windows XP hanya akan mendapatkan file-file pribadinya di Windows 8.

Persyaratan menjalankan Windows 8

Persyaratan spesifikasi yang dibutuhkan komputer PC untuk menjalankan Windows 8 adalah prosesor 32 atau 64 bit dengan tenaga minimum 1GHz, RAM 1GB atau 2GB untuk versi 64 bit, kartu grafis yang mendukung DirectX 9, hard drive 20GB. (Rk/Pocket-lint, PC-tablet).

Seputar Microsoft Windows 8: Cara Upgrade dan Fitur Unggulan | hariantop | 4.5