Fitur, Keunggulan Dan Tutorial Cara Menggunakan Google Drive

Diluncurkannya Google Drive, layanan penyimpanan online dari Google tentunya meramaikan ranah penyimpanan cloud yang saat ini didominasi oleh Dropbox, Box dan SkyDrive. Layanan gratis ‘freemium’ Google Drive ini menggantikan fungsi Google Docs dan memudahkan Anda untuk menyimpan file serta mengaksesnya di berbagai perangkat digital termasuk komputer, handphone dan tablet dimanapun Anda berada.

Cara bergabung dengan layanan Google Drive pun cukup mudah. Hanya dengan mengunjungi situs drive.google.com dan mengaktifkan layanan tersebut. Setelah Anda mendapatkan akses di Google Drive, dengan segera Anda dapat menggunakannya. Sebenarnya layanan ini mirip dengan Google Docs, Anda dapat membuat file, folder, menggunakan barisan atasnya untuk melakukan pencarian dan meng-upload file. Bedanya adalah, di aplikasi Google Drive Anda dapat mengatur seluruh drive dari desktop komputer Anda.

Google drive

 

Berikut langkah mengaktifkan layanan Google Drive:

  1. Kunjungi situs drive.google.com
  2. Pilih “Download Google Drive” yang ada di sidebar kiri (Jika tidak ada karena di Indonesia fasilitas Google Drive belum tersedia maka coba “SignIn” untuk mengetahui apakah Google Drive anda sudah tersedia).
  3. Jika belum tersedia, klik “Notification” untuk menerima pemberitahuan jika Google Drive anda sudah dibuka oleh Google.
  4. Jika diterima, anda akan menerima “Notifikasi” dan Klik “Take me to Google Drive”.
  5. Anda siap dengan Google Drive dan download software untuk Installasi.
  6. Setelah proses instalasi selesai, maka akan tampil folder “Google Drive” di desktop Anda.
  7. Folder tersebut tersinkronisasi dengan layanan Google Drive, sehingga setiap perubahan yang Anda lakukan akan direfleksikan di interface Web, begitu juga sebaliknya. Dengan demikian, ketika Anda menambahkan file ke folder Google Drive, secara langsung akan ter-upload ke drive Web Anda (selama koneksi internet diaktifkan).

Beberapa fitur yang tersedia di layanan Google Drive:

  1. Kapasitas penyimpanan dokumen gratis hingga 5GB.
    Google Drive akan memberikan ruang penyimpanan gratis bagi penggunanya sebesar 5GB, tidak terhitung dokumen yang Anda buat melalui Drive. Anda dapat mengupload 30 jenis file termasuk file Photoshop, video, foto dan sebagainya. Google Drive mendukung hampir seluruh jenis file yang populer.
  2. Berbagi file, folder dan seluruh isi drive Anda.
    Sama seperti Google Docs, Anda dapat berbagi file melalui Google Drive. Hanya dengan meng-klik kanan di file atau folder dan memilih “Share” dan memilih opsi sharing yang ada. Untuk mengijinkan seseorang dapat mengakses seluruh drive Anda, klik tombol orang tersebut dan tanda tambah (plus) di bagian atas.
  3. Menggunakan sistem pencari Google.
    Dengan teknologi pencarian Google yang dibenamkan di aplikasi Google Drive, Anda dapat melakukan pencarian foto pada bagian ‘search’. Anda juga dapat melakukan pencarian teks pada dokumen yang di-scan. Setelah beberapa pengujian, fitur ini ternyata tidak sepenuhnya dapat dipercaya, tapi cukup pantas untuk dicoba sebagai penolong pencarian file atau foto.
  4. Mengkolaborasikan video, foto dan lainnya.
    Fitur kolaborasi Google Docs sekarang tersedia untuk berbagai jenis file. Sebagai contoh, jika Anda meng-upload sebuah video di Drive dan berbagi dengan seseorang, Anda dapat berdiskusi mengenai video tersebut dengan fasilitas komentar.
  5. Menginstal aplikasi dari pihak ketiga.
    Developer pihak ketiga dapat membangun aplikasi yang dapat bekerja dengan baik di Google Drive. Anda dapat melakukan edit foto dengan menggunakan aplikasi Pixlr, mengirim fax secara gratis dengan aplikasi HelloFax dan menandatangani dokumen resmi dengan aplikasi DocuSign. Semuanya dapat dilakukan lewat layanan Google Drive. Untuk mendapatkan aplikasi ini dan lainnya, kunjungi Google Drive > Settings > Manage apps > Get more apps.

Beberapa Keunggulan yang tersedia di layanan Google Drive:

  1. Menyediakan ruang penyimpanan sebesar 5GB secara gratis.
  2. Google Drive terintegrasi dengan layanan Google lainnya.
    Hampir seluruh aplikasi dari Google terintegrasi dengan baik di Google Drive. Seperti untuk melakukan pelampiran (attachment) di Gmail, Anda dapat mengakses file dengan cepat melalui Drive dan pengguna Google+ dapat mencari video dan gambar di Drive secara instan untuk mensharingnya di jejaring sosial.
  3. Aplikasi pihak ketiga menjadi salah satu pemeran penting.
    Google tidak membatasi Drive, bahkan membuka peluang bagi pihak ketiga untuk membuat aplikasi yang dapat didukung oleh Google Drive.
  4. Window, Mac dan Android dapat turut serta meramaikan Google Drive.
    Salah satu keunggulan penting Google Drive adalah layanan ini dapat mendukung berbagai platform termasuk Apple dan Microsoft. Perusahaan mengatakan pada 24 April yang lalu bahwa Drive juga akan mendukung berbagai perangkat yang berbasis Windows, Mac dan tentunya Android.
  5. Perusahaan menyatakan akan mendukung iOS secepatnya.
  6. Google Drive dapat mendukung berbagai jenis file.
    Menurut perusahaan, Google Drive dibenamkan dengan pendukung file native yang dapat mendukung hingga 30 jenis aplikasi format file berbeda. Jadi Anda tetap dapat membuka file seperti Photoshop atau Illustrator meskipun tidak memiliki aplikasi tersebut di komputernya.
  7. Melihat perubahan masa lampau.
    Menurut Google, Google Drive mengijinkan pengguna untuk mengecek perubahan yang mereka lakukan dalam batas 30 hari sebelumnya. Lebih lanjut, perusahaan juga menyediakan cara lain bagi Anda untuk dapat menyimpan langkah revisi spesifik yang sangat penting untuk sepanjang waktu.
  8. Google Drive juga menyediakan layanan berbayar yang dapat memperbesar ruang penyimpanan Anda.
    Untuk ruang penyimpanan hingga 25GB = Anda harus membayar $2.49 per bulan, 100GB = $4.99 per bulan dan 1TB = $49.9 per bulan.
  9. Teknologi pencarian berperan penting.
    Seperti sejarah Google sebagai mesin pencari terbesar di dunia, pastinya perusahaan akan mengaplikasikan teknologi pencarian juga di Drive. Perusahaan mengatakan bahwa pengguna dapat melakukan pencarian berdasarkan kata kunci, jenis file, pemilik dan atribut lainnya. Bahkan juga dapat mencari dengan teknologi penyenalan gambar dan obyek yang berada di hasil scan suatu dokumen. (Nt/Cnet, eweek).
Fitur, Keunggulan Dan Tutorial Cara Menggunakan Google Drive | hariantop | 4.5