Review Samsung Focus S i937 Dengan OS Windows Phone 7.5 Mango

Samsung meluncurkan Samsung Focus S i937 dan Samsung Focus Flash yang berjalan pada OS Windows Phone 7.5 Mango di antara berbagai model smartphone Samsung lainnya yang menggunakan Android sebagai sistem operasinya. Samsung Focus S dan Samsung Focus Flash sudah dirilis oleh AT&T di Amerika. Diantara kedua model tersebut, Focus Flash memiliki harga yang lebih ekonomis, namun Focus S memiliki keunggulan dari segi fiturnya. Apabila dilihat dari segi penampilan, maka setiap orang akan segera menyadari kemiripan Focus S dengan Samsung Galaxy S yang mengusung Android.

Samsung Focus S termasuk ponsel yang ringan dan berukuran mungil, dengan ukuran 126 mm x 66.8 mm x 8.5 mm dan berat 111 gram. Seperti sebagian besar ponsel Samsung yang berteknologi layar sentuh, Focus S juga terbuat seluruhnya dari plastik yang meskipun terlihat kurang mewah, namun berpenampilan cukup menarik. Layarnya berupa Super AMOLED Plus (yang digunakan di berbagai smartphone besutan Samsung) berukuran 4.3 inch dengan resolusi 480 x 800 piksel. Kata ‘Plus’ tersebut digunakan untuk menekankan adanya upgrade yang dilakukan Samsung dalam penampilan layarnya yang menggunakan standard RGB pixel, berbeda dengan layar yang umumnya menggunakan PenTile.

Samsung Focus S

Samsung Focus S memiliki jaringan quad-band EDGE (850/900/1800/1900 MHz) dan tri-band HSPA+ 14.4 (850/1900/2100 MHz) dengan 802.11 b/g/n Wi-Fi. Perangkat ini akan menghasilkan suara yang cukup baik melalui lubang suara (earpeace), namun jika melalui mic suaranya akan terdengar terkomputerisasi. Suara yang dihasilkan lewat speakerphone cukup jelas bila smartphone ini digunakan diluar ruangan. Namun kelanggengan baterainya agak mengecewakan karena hanya mampu bertahan sekitar 4 jam 29 menit waktu bicara.

Didukung dengan prosesor 1.4GHz single-core Qualcomm, ponsel Samsung Focus S ini dapat tampil cekatan, dan Metro interface yang atraktif dari Microsoft juga dapat berjalan dengan lancar. Kesimpulannya adalah Samsung Focus S adalah smartphone yang responsif dan intuitif. Selain itu, sistem operasi Windows Phone 7.5 Mango merupakan sistem operasi yang menyenangkan dengan animasi yang bergerak lancar, jaringan sosial yang terintegrasi dengan baik dan interface unik berbentuk ubin yang dapat menunjukan berbagai informasi real-time dalam sekejap.

Samsung Focus S i937

Di ponsel ini juga tersedia 3.5 mm headphone jack di bagian atasnya dan 16GB penyimpanan internal. Kamera 8 megapixel resolusi 3264 x 2448 piksel auto-fokus serta LED flash makin menyempurnakan ponsel mungil ini ditambah dengan fitur Geo-tagging, image stabilization, smile detection. Di bagian depan tersedia kamera 1.3 megapixel untuk melakukan video chat. Untuk yang gemar merekam lewat ponsel, Focus S dapat merekam dengan 720 x 1280 pixel dan rata-rata 29 frame per detik dan Samsung Focus S memiliki memori internal sebesar 16GB/32GB storage, 512 MB RAM.

Sejak Windows Phone 7 pertama kali menggebrak pasar tahun lalu, Samsung Focus S i937 merupakan Windows Phone terbaik sampai saat ini yang ditawarkan dengan harga $199.99 plus kontrak 2 tahun dengan AT&T.

Demikian review Samsung Focus S.  Lalu berapa harga Samsung Focus S untuk pasaran Indonesia? Belum tahu karena kapan masuk Indonesia juga belum diketahui jelas. Ditunggu saja update selanjutnya ya … (Lihat: Update Harga Smartphone Samsung Focus S i937  Terbaru)

Review Samsung Focus S i937 Dengan OS Windows Phone 7.5 Mango | hariantop | 4.5