4 Hp Murah Terbaru Nokia: Lumia 720, Lumia 520, Nokia 301 dan 105

Mantan produsen ponsel nomor satu dunia, Nokia memperkenalkan deretan handphone berharga murah yang terdiri dari 2 ponsel standard bernama Nokia 301 dan 105 serta 2 ponsel harga murah dari jajaran smartphone Windows Lumia, yakni Lumia 720 dan Lumia 520. Sepertinya, perusahaan asal Finlandia ini sangat serius untuk mempertahankan kedudukannya sebagai produsen ponsel nomor 2 dunia dibelakang Samsung. Selain itu, diluncurkannya beberapa ponsel murah Nokia diprediksi oleh analis sebagai langkah untuk menangkis tantangan dari 2 produsen ponsel asal Cina yakni Huawei dan ZTE. Sedangkan Chief Executive Nokia – Stephen Elop menjelaskan bahwa perusahaan menyajikan hp Lumia murah terbaru agar dapat mengisi kekosongan di jajaran Lumia untuk kelas menengah bawah.

Nokia 105

Nokia 105

Disebut sebagai ‘titik awal untuk merek Nokia’, ponsel ini merupakan penerus dari Nokia 1280 yang sangat populer. Nokia 105 yang berdesain mungil namun kokoh ini dilengkapi dengan layar ukuran 1.4 inch resolusi 128 x 128 pixel. Meskipun kecil, layar ini tetap penuh warna-warna cemerlang serta menyajikan ikon ukuran besar sehingga mudah dinavigasi. Nokia 105 ditargetkan khususnya untuk beberapa negara antara lain Cina, Indonesia, India dan Nigeria.

Ponsel mungil ini juga tahan terhadap debu dan percikan air yang mengenai tombol nomornya serta dilengkapi dengan baterai 800mAh yang menyajikan waktu bicara lebih dari 12 jam serta lebih dari sebulan dalam posisi siaga. Nokia juga melengkapi ponsel pemulanya ini dengan beberapa fitur untuk menambah fungsinya yakni dibenamkan dengan senter dan fitur radio FM. Dilaporkan bahwa Nokia 105 akan hadir di pasaran dengan 2 warna pilihan, hitam atau biru cyan, pada akhir kuartal pertama tahun ini dan dijual dikisaran harga $19.

Nokia 301

Nokia 301

‘Kakak’ dari Nokia 105 ditargetkan secara khusus untuk anak muda dengan menghadirkan kamera 3.2MP yang mampu mengambil gambar panorama atau membidik 3 atau 5 gambar secara serentak untuk memilih mana yang terbaik, serta umur baterai yang cukup lama yakni sekitar 20 jam waktu bicara atau 39 hari dalam mode siaga. Menurut Nokia, fitur desain yang disajikan di Nokia 301 dirancang mirip dengan smartphone Lumia 920. Ponsel ini akan dihadirkan dalam 2 versi: single-SIM atau dual SIM serta disajikan dengan beberapa warna pilihan seperti biru cyan, magenta, kuning, putih atau hitam.

Meskipun layar yang digunakan di Nokia 301 berukuran kecil, yakni 2.4 inch dengan tampilan QVGA (320 x 240 pixel), namun beberapa aplikasi mumpuni telah dibenamkan Nokia di ponsel ini, antara lain Facebook, Twitter serta kemampuan mengakses web dengan browser Xpress dari Nokia yang dapat mengkompres data otomatis. Pengguna juga dapat membagikan foto-foto secara otomatis melalui Bluetooth yang kompatibel dengan beberapa perangkat melalui Nokia Slam.

Untuk menyimpan berbagai data, 301 dilengkapi juga dengan penyimpanan internal 256MP yang dapat diperbesar hingga 32GB melalui penyimpanan eksternal. Jaringan quad band GSM dari Nokia 301 ini juga mampu berjalan pada kecepatan 3.5G HSPA sehingga dapat digunakan untuk streaming video. Fitur unggulan lain yang dihadirkan di 301 adalah HD Voice yang mampu mengurangi kebisingan latar suara sehingga dapat menyajikan suara yang cukup jernih. Nokia 301 rencananya akan mulai dipasarkan pada kuartal kedua tahun ini dengan harga sekitar $85.

Nokia Lumia 520

Nokia Lumia 520

Sebagai smartphone termurah dijajaran Windows Phone dari Nokia, Lumia 520 disajikan dalam berbagai warna signature perusahaan. Meskipun harganya tidak semahal Lumia lainnya, namun 520 tetap memiliki desain yang elegan dan tidak berkesan murah. Bahkan smartphone ini tetap dilengkapi dengan kamera 5MP lengkap dengan autofokus, meskipun tanpa kehadiran lampu kilat, dan berbagai fitur software serupa yang dihadirkan di Lumia 920, antara lain panorama, smart shoot dan cinemagraph.

Smartphone ini didukung dengan layar ukuran 4 inch tampilan LCD IPS resolusi 800 x 480 pixel yang tetap mendukung fitur super sensitif terhadap sentuhan dan ditenagai dengan prosesor dual core 1GHz. Beberapa spesifikasi mumpuni juga dibenamkan di dalamnya, termasuk penyimpanan internal 8GB yang masih dapat diperbesar dengan slot kartu microSD hingga 64GB, baterai 1,430mAh serta penyimpanan bergaya cloud dengan SkyDrive berkapasitas 7GB yang disajikan secara gratis. Untuk harga jualnya, Nokia membanderol Lumia 520 di kisaran harga $185.

Nokia Lumia 720

Nokia Lumia 720

Lumia 720 diprediksi menjadi ponsel yang diposisikan antara Lumia 620 dan 920. Dirancang dengan kualitas papan atas, 720 juga ditawarkan dengan berbagai warna pilihan. Layar yang digunakan merupakan layar dari kurva kaca dengan tampilan ClearBlack berukuran 4.3 inch resolusi 800 x 480 pixel. Ponsel yang ditargetkan untuk pasar 3G ini (tidak didukung 4G) ditenagai dengan prosesor dual core 1GHz, RAM 512MB, serta menjadi ponsel unibody pertama dari Nokia yang dilengkapi dengan slot kartu microSD.

Nokia Lumia 720 memiliki fitur kamera 6.7MP dengan lensa Carl Zeiss dengan aperture f/1.9 yang mampu mengambil gambar dengan prima meskipun di kondisi kurang cahaya. Untuk kamera depannya, Nokia menyajikan fitur aperture f/2.4 dan memungkinkan pengguna mengambil gambar dengan sudut pandang lebar. Beberapa software yang mendukung performa kamera juga dibenamkan, antara lain cinemagraph dan smart shoot. Di sisi aplikasi, Lumia 720 dilengkapi dengan Nokia Music app serta Glam Me sebagai alat untuk mengedit gambar dan Place Tag untuk menambahkan data geologi pada foto, kapan dan dimana pengambilan foto dilakukan – sehingga dapat disajikan serupa postcard.

Rencananya Nokia Lumia 720 akan secera hadir di kuartal pertama 2013 di sejumlah negara di Asia dengan harga sekitar $338. (Rk/pcmag, cnet).

4 Hp Murah Terbaru Nokia: Lumia 720, Lumia 520, Nokia 301 dan 105 | hariantop | 4.5