Cara Investasi Emas: Batangan, Saham Pertambangan, Berjangka

Cara Investasi emas merupakan cara investasi yang strategis untuk jangka panjang karena harga emas cenderung lebih stabil bahkan akhir-akhir ini naik terus oleh sebab itu Investasi emas batangan sering dikatakan sebagai investasi anti inflasi.

Emas sebagai logam mulia memang menjadi primadona investasi sejak lama sampai saat ini. Siapapun anda mulai dari Ibu Rumah Tangga sampai pekerja bisa melakukan Investasi emas karena anda tidak butuh modal besar untuk memulainya. Hanya dengan membeli 1 (satu) gram pun bisa langsung Investasi.

Cara Investasi Emas

Ada beberapa bentuk cara investasi emas antara lain emas batangan, emas perhiasan, saham pertambangan emas, emas berjangka:

  1. Investasi Emas Batangan dan Emas Perhiasan
    Investasi Emas batangan berbeda dengan emas perhiasan. Emas batangan tidak memerlukan biaya pembuatan seperti emas perhiasan. Jika anda membeli emas perhiasan maka harga sebenarnya adalah harga emas ditambah dengan biaya desain dan biaya lain-lain sehingga ketika anda ingin menjual kembali maka biasanya harga akan turun itu dikarenakan yang dinilai oleh pembeli hanya harga emasnya saja. Berbeda Emas batangan karena nilainya 24 karat (murni) maka nilai nya tetap sesuai harga pasar jual beli emas.
  2. Investasi saham pertambangan emas
    Jika anda seorang investor, anda bisa investasi emas dengan membeli saham-saham perusahaan pertambangan emas. Investor tidak akan memiliki emas secara fisik melainkan Investor hanya berharap kenaikkan dari harga saham perusahaan pertambangan emas tersebut. Tapi perlu calon investor ingat bahwa kenaikkan harga emas dipasaran belum tentu membuat harga saham perusahaan tambang emas ikut naik.
  3. Investasi Emas Berjangka
    adalah jual beli emas dengan jangka waktu kontrak tertentu. Harga emas juga sudah dinyatakan dalam kontrak. Investor melakukan investasi tanpa harus memiliki emas secara fisik. REsiko investasi emas berjangka adalah pada kontrak yang dilakukan. Misalnya jika harga emas pada saat jatuh tempo tanggal kontrak lebih tinggi dari pada saat tanggal kontrak pertama kali dibuat maka Investor akan mendapatkan keuntungan demikian pula jika terjadi sebaliknya maka Investor akan mengalami kerugian. Cukup beresiko karena berarti Investor harus bisa memperkirakan harga emas masa akan datang.

Tips bagaimana cara Investasi emas yang aman untuk pemula :

1. Perhatikan kurs harga emas
Untuk di Indonesia PT. Logam Mulia sebagai divisi dari PT. Antam Tbk bisa menjadi acuan sebagai produsen emas di Indonesia. Kunjungi LogamMulia.com.

2. Investasilah pada logam mulia seperti emas batangan yang bersertifikat standar internasional daripada emas perhiasan. Juga jangan dulu berinvestasi pada Saham Emas Pertambangan atau Investasi Emas Berjangka sampai anda benar-benar memahami resiko dan cara Investasinya.

sertifikat emas antam

Dimana membeli emas batangan kadar 99.99% yang bersertifikat standar internasional? Anda bisa membeli langsung pada produsennya PT. Logam Mulia divisi penjualan emas PT.Antam Tbk. Bisa juga lewat Kantor Pegadaian atau Toko-toko emas terkemuka.

3. Simpan Faktur dan Sertifikat pembelian Emas batangan.
Faktur dan Sertifikat ini diperlukan jika suatu saat anda ingin menjual kembali emas batangan anda.

Ok anda sudah tahu tentang bagaimana cara berinvetasi emas. Siap Berinvestasi?

Cara Investasi Emas: Batangan, Saham Pertambangan, Berjangka | hariantop | 4.5